Abstrak
Turn-based strategy (TBS) game adalah turunan dari game dengan genre strategi dimana pemainnya saling bergiliran pada pengambilan keputusannya dalam bermain. Pada game jenis ini, player dapat memainkan oleh satu pemain saja (single player) sedangkan lawannya adalah komputer atau istilah lainnya disebut Non Playable Character (NPC). Berdasarkan kebutuhan tersebut, maka perlu diterapkan NPC atau program yang memiliki Artificial Intelegence (AI). Peran NPC tersebut berfungsi untuk menggantikan peran manusia dalam menjadi teman atau musuh dari pemain pada sebuah game. NPC tersebut pada game TBS harus memiliki kemampuan berfikir dan berstrategi secara logis. Untuk memunculkan kemampuan tersebut, NPC harus dapat memperhitungkan kondisi yang dialaminya sebagai dasar keputusan yang akan diambil. Resource Assigment Algorithm (RAA) dipilih untuk menyelesaikan masalah tersebut, karena algoritma RAA mempunyai kemampuan untuk menghasilkan sebuah nilai berdasarkan beberapa nilai yang ada dengan diurutkan menggunakan skala prioritas [2]. Game TBS pada perangkat mobile masih jarang, sehingga penempatan game ini pada perangkat mobile dipilih agar game ini dapat dimainkan dimana saja dan kapan saja.
Kata Kunci: Turn-Based Strategy, Game, Algoritma Resource Assignment, Perangkat Mobile
Pendahuluan
Turn-based strategy (TBS) game adalah turunan dari game dengan genre strategi dimana pemainnya saling bergiliran pada pengambilan keputusannya dalam bermain. Contohnya adalah permainan catur kuno yang merupakan cikal bakal game TBS moderen dimana bidak putih dapat dijalankan oleh pemainnya ketika pemain yang mengendalikan bidak hitam telah menjalankan bidaknya. Untuk menguasai game TBS, player memerlukan kemampuan berfikir dan berstrategi secara logis. Game ini tidak memerlukan kecepatan dan keakuratan dalam bermain tetapi memerlukan pengambilan keputusan yang tepat yang dapat membawa pemain pada kemenangan.
Peneliti: Riandanu Madi Utomo
Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut:
Post a Comment
Post a Comment