Asbtrak
Dalam penelitian ini dilakukan implementasi untuk pemodelan obyek tiga dimensi yang berasal dari gambar dua dimensi. Pemodelan ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan volumetric. Dengan menggunakan pendekatan volumetric, ruang tiga dimensi dibagi menjadi bentuk diskrit yang disebut voxel. Kemudian pada voxel-voxel tersebut dilakukan metode pewarnaan voxel untuk mendapatkan hasil berupa obyek tiga dimensi yang bersifat photorealistic. Bagaimana memodelkan obyek tiga dimensi untuk menghasilkan hasil photorealistic merupakan masalah yang masih aktif di bidang komputer grafik. Banyak aplikasi lain yang dapat memanfaatkan hasil dari pemodelan tersebut seperti virtual reality, augmented reality dan lain-lain. Pewarnaan voxel merupakan pemodelan obyek tiga dimensi dengan melakukan rekonstruksi warna, bukan rekonstruksi bentuk. Metode ini bekerja dengan cara mendiskritkan obyek menjadi voxel dan kemudian melakukan pengecekan secara berurutan terhadap proyeksi voxel ke gambar input untuk menentukan apakah voxel tersebut merupakan bagian dari obyek atau bukan. Sehingga pada akhirnya akan dihasilkan suatu model tiga dimensi yang photorealistic.
Kata kunci: pewarnaan voxel, pemodelan tiga dimensi, obyek photorealistic
Pendahuluan
Dewasa ini, pemodelan obyek tiga dimensi secara otomatis dari satu atau lebih gambar dua dimensi merupakan area penelitian aktif di bidang komputer grafik. Hasil dari pemodelan tersebut penting bagi aplikasi-aplikasi seperti, virtual reality, visualisasi interaktif dari suatu obyek yang direkam oleh kamera video, modifikasi virtual dari gambar nyata untuk augmented reality dan lain-lain
Peneliti: Rudy Adipranata
Untuk lebih lengkapnya silahkan download di link berikut:
Post a Comment
Post a Comment