Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi petualangan si bedjo sebagai media pembelajaran TIK SMA kelas X materi pengenalan komputer berbasis Adobe Flash CS4. Perancangan game edukasi petualangan si bedjo ini menggunakan metode Research and Development yang terdiri dari 10 tahap yaitu analisis, pengumpulan bahan perancangan media, pengembangan produk, validasi ahli, revisi desain, uji coba produk awal, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk, dan produksi. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dengan menggunakan angket skala likert. Hasil white-box testing menunjukkan bahwa simpul telah dikerjakan sesuai batasannya. Hasil black-box testing menunjukkan bahwa masing-masing tombol telah berfungsi sesuai dengan tujuannya. Hasil penilaian ahli media menghasilkan nilai 84,67% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian ahli materi menghasilkan nilai 84,33% dengan kategori sangat layak. Pengujian produk awal mendapatkan nilai 81% dengan kategori sangat layak dan uji lapangan mendapatkan nilai 77,08% dengan kategori layak. Nilai yang diperoleh responden pada ujicoba lapangan mendapat rata-rata 79,33 dengan KKM 75. Nilai terendah dan tertinggi berurutan yaitu 55 dan 95. Hasil pengujian menunjukkan bahwa game edukasi petualangan si bedjo layak untuk digunakan.
Kata kunci: Game Edukasi, TIK SMA, Research and Development
PENDAHULUAN - Digital game merupakan jenis game yang bisa dimainkan dengan menggunakan perangkat elektronik tertentu seperti komputer desktop, laptop dan perangkat elektronik lain yang mendukung. Game 2 dimensi yang saat ini banyak beredar adalah digital game yang berformat flash. Banyaknya pengguna game dan perkembangan game yang dinamis dan cepat menjadikan game
Post a Comment
Post a Comment