Abstrak
Augmented reality merupakan sebuah istilah untuk menggabungkan lingkungan dunia nyata dengan dunia virtual. Augmented reality menjadi sangat populer saat ini karena selain menarik, juga dapat di tampilkan secara realtime. Pada umumnya, augmented reality menambahkan objek digital pada realita dengan mengacu pada objek-objek tertentu pada dunia nyata, misalnya dengan menggunakan marker, marker teksture (surface), face detection/recognition, motion detection, dan GPS & Digital Compass. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini di buatlah aplikasi yang bertujuan untuk mempromosikan suatu brosur mobil dengan memanfaatkan konsep augmented reality yang menggunakan marker dan virtual button sebagai objek acuan pada dunia nyata dan animasi mobil sebagai objek dari dunia virtual yang ditambahkan pada lingkup dunia nyata agar lebih menarik. Marker yang dibuat berfungsi untuk memanggil model 3D mobil agar muncul di layar smartphone android dengan mengunakan library vuforia SDK. Sedangkan unity 3D berfungsi untuk membuat interaksi dengan model 3D mobil dan merancang aplikasi agar dapat dijalankan pada smartphone berbasis android, yaitu untuk mengontrol objek ke kiri,kanan,atas,bawah, memutar, maupun memperbesar dan untuk melihat data dari harga dan spesifikasi yang terdapat pada brosur.
Kata kunci - Android, Augmented Reality, Brosur, Marker.
I. PENDAHULUAN
Dalam era globalisasi yang semakin canggih ini, perkembangan dalam hal teknologi, informasi dan komunikasi sangatlah pesat. Teknologi komputer juga berkembang sangat pesat mengenai hardware serta softwarenya, yang digunakan secara terintegrasi untuk dimanfaatkan dalam menyampaikan informasi serta pengetahuan dalam bentuk visual. Hal ini terkait erat dengan teknologi Augmented Reality yang berkembang cepat dan sudah banyak digunakan di berbagai bidang. Ronald Azuma (1997) mendefinisikan Augmented Reality sebagai sistem yang dapat menggabungkan lingkungan nyata dan virtual, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata dan terintegrasi dalam tiga dimensi 3D atau dua dimensi 2D. Penggabungan benda nyata dan maya dimungkinkan dengan teknologi tampilan yang sesuai, interaktivitas dimungkinkan melalui perangkat-perangkat input tertentu, dan integrasi yang baik memerlukan penjejakan yang efektif. Tujuan utama dari Augmented Reality adalah untuk menciptakan lingkungan baru dengan menggabungkan interaktivitas lingkungan nyata dan virtual sehingga pengguna merasa bahwa lingkungan yang diciptakan adalah nyata. Pemanfaatan teknologi Augmented Reality ini telah banyak digunakan di berbagai bidang. Khususnya dalam bidang perdagangan, Augmented Reality ini dapat digunakan sebagai teknologi dalam mempromosikan berbagai produk. Kebanyakan perusahaan menggunakan brosur sebagai media untuk mempromosikan produk mereka. Tetapi dengan teknologi Augmented Reality ini dapat dirancang dengan sangat menarik sebuah brosur yang bersifat interaktif. Pengembang dapat merancang sebuah brosur virtual yang dapat memberikan informasi produk yang lengkap secara 3D, sehingga konsumen dapat mengetahui secara jelas berbagai produk yang ditawarkan. Maka, munculah sebuah teknologi baru dalam bidang perdagangan yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality sehingga menghasilkan suatu brosur interaktif yang dapat membuat suatu proses bisnis dalam melakukan promosi produk menjadi lebih efektif. Dari pemaparan di atas, maka untuk memanfaatkan kelebihan dari teknologi Augmented Reality dalam memvisualisasikan suatu promosi produk, maka diambillah judul “Perancangan Brosur Interaktif berbasis Augmented Reality”
Post a Comment
Post a Comment