Penjelasan tentang Artificial Intelligence
- Pada awal di ciptakannya, komputer hanya difungsikan sebagai alat hitung saja. Namun seiring perkembangan jaman, maka peran komputer semakin mendominasi kehidupan manusia. Komputer sekarang dapat diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang bisa dikerjakan manusia.
- Manusia bisa menjadi pandai dalam menyelesaikan segala permasalahan didunia ini karena manusia mempunyai pengetahuan dan pengalaman.
- Semakin banyak pengetahuan seseorang diharapkan lebih mampu untuk menyelesaikan masalah.
- Manusia juga diberikan penalaran untuk mengambil kesimpulan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman kesimpulan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki.
- Agar komputer bisa bertindak seperti dan sebaik manusia maka komputer harus diberi bekal pengetahuan dan mempunyai kemampuan untuk menalar
Definisi Kecerdasan Buatan
Rich and Knight [1991]:
Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia
Encyclopedia Britannica:
Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol‐simbol dari pada bilangan,dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan
AlanTuring[1956]:
AI adalah bidang yang memodelkan proses ‐proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan kelakuan manusia
Sejarah Kecerdasan Buatan
- Pada tahun 1950‐an para ilmuwan dan peneliti mulai memikirkan bagaimana caranya agar mesin dapat melakukan pekerjaannya seperti yang bisa dikerjakan oleh manusia.
- Alan Turing, seorang matematikawan Inggris per tama kali mengusulkan adanya tes untuk melihat bisa tidaknya sebuah mesin dikatakan cerdas.Hasil tes tersebut kemudian dikenal dengan Turing Test, dimana simesin tersebut menyamar seolah‐olah sebagai seseorang di dalam suatu permainan yang mampu memberikan respon terhadap serangkaian pertanyaan yang diajukan.Turing beranggapan bahwa jika mesin dapat membuat seseorang percaya bahwa dirinya mampu berkomunikasi dengan orang lain, maka dapat dikatakan bahwa mesin tersebut cerdas (seperti layaknya manusia).
- Kecerdasan Buatan sendiri dimunculkan oleh seorang profesor dari Massachusetts Institute of Technology yang bernama John Mc Carthy pada tahun 1956 pada Dartmouth Conference yang dihadiri oleh para peneliti AI.
- Pada konferensi tersebut juga didefinisikan tujuan utama dari kecerdasan buatan, yaitu mengetahui dan memodelkan proses berfikir manusia dan medesain mesin agar dapat menirukan kelakuan manusia tersebut.
Tujuan dari kecerdasan buatan menurut Winston dan Prendergast [1984]:
- Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuanutama)
- Memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah)
- Membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial)
AI dipandang dalam berbagai perspektif
- Dari perspektif Kecerdasan (Intelligence) AI adalah bagaimana membuat mesin yang “cerdas” dan dapat melakukan hal‐hal yang sebelumnya dapat dilakukan oleh manusia
- Dari perspektif bisnis AI adalah sekelompok alat bantu (tools) yang berdaya guna dan metodologi yang menggunakan tool‐tool tersebut guna menyelesaikan masalah‐masalah bisnis.
- Dari perspektif pemrograman (Programming) AI termasuk didalamnya adalah studi tentang pemrograman simbolik, pemecahan masalah, prosespencarian(search)
- Dari perspektif penelitian (research) Riset tentang AI dimulai pada awal tahun 1960‐an, percobaan pertama adalah membuat program permainan (game) catur, membuktikan teori dan general problem solving (untuk tugas tugas sederhana)
DOMAIN PENELITIAN DALAM KECERDASAN BUATAN
- Persepsi(Vision & Percakapan)
- Bahasa Alamiah (Pemahaman, Penurunan, Translasi)
- Kontrol Robot
- Permainan(Game)
- Persoalan Matematis (Geometri, Logic, Kalkulus Integral)
- Egineering (Desain, PenemuanKesalahan, PerencanaanPabrik)
- Analisa ilmiah
- Diagnosa bidang Kedokteran
- Analisa Financial
DOMAIN PENELITIAN DALAM KECERDASAN BUATAN PERMAINAN (Game)
- Kebanyakan permainan dilakukan dengan menggunakan sekumpulan aturan.
- Dalam permainan digunakan apa yang disebut dengan pencarian ruang.
- Teknik untuk menentukan alternatif dalam menyimak problema ruang merupakan sesuatu yang rumit.
- Teknik tersebut disebut dengan HEURISTIC.
- Permainan merupakan bidang yang menarik dalam studi heuristic
DOMAIN PENELITIAN DALAM KECERDASAN BUATAN NATURAL LANGUAGE
- Suatu teknologi yang memberikan kemampuan kepadakomputer untuk memahami bahasa manusia sehingga memahami bahasa manusia sehingga pengguna komputer dapat berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan bahasa sehari‐hari.
DOMAIN PENELITIAN DALAM KECERDASAN BUATAN ROBOTIK DAN SISTEM SENSOR
- Sistem sensor seperti sistem vision, sistem tactile, dan sistem pemrosesan sinyal jika dikombinasikan dengan AIdapat dikategorikan kedalam suatu sistem yang luas yang disebut sistem robotik.
DOMAIN PENELITIAN DALAM KECERDASAN BUATAN EXPERT SYSTEM
- Sistem pakar (Expert System) adalah program penasehat berbasis komputer yang mencoba meniru proses berpikir dan pengetahuan dari seorang pakar dalam menyelesaikan masalah masalah spesifik
Beberapa program AI yang mulai dibuat antara lain:
- Logic Theorist, diperkenalkan pada Dartmouth Conference, program ini dapat membuktikan teorema teorema matematika.
- Sad Sam, diprogram oleh Robert K. Lindsay (1960). Program ini dapat mengetahui kalimat‐kalimat sederhana yang ditulis dalam bahasa Inggris dan mampu memberikan jawaban dari fakta‐fakta yang didengar dalam sebuah percakapan.
- ELIZA, diprogram oleh Joseph Weinzenbaum (1967). Program ini mampu melakukan terapi terhadap pasien dengan memberikan beberapa pertanyaan.
Perbedaan Artificial Intelligence dan Human Brain
Kelebihan Kecerdasan Buatan
- Kecerdasan Buatan lebih bersifat permanen. Kecerdasan alami akan cepat mengalami perubahan. Hal ini dimungkinkan karena sifat manusia yang pelupa. Kecerdasan Buatan tidak akan berubah sepanjang sistem komputer dan program tidak mengubahnya.
- Kecerdasan buatan lebih mudah di duplikasi dan disebarkan. Mentransfe pengetahuan manusia dari satu orang ke orang lain membutuhkan proses yang sangat lama dan juga keahlian lain membutuhkan proses yang sangat lama dan tidak pernah di duplikasi dengan lengkap. Jika pengetahuan terletak di komputer, pengetahuan dapat disalin
- dan dipindahkan dengan mudah ke komputer yang lain.
- Kecerdasan buatan lebih murah dibanding dengan kecerdasan alami. Menyediakan layanan komputer akan lebih mudah dan lebih murah dibandingkan dengan harus mendatangkan seseorang untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam jangka waktu yang sangat lama.
- Kecerdasan buatan bersifat konsisten. Hal ini disebabkan karena kecerdasan buatan adalah bagian dari teknologi komputer. Sedangkan kecerdasan alami akan senantiasa berubah-ubah.
- Kecerdasan buatan dapat didokumentasi. Keputusan yang dibuat oleh komputer dapat didokumentasi dengan mudah dengan melacak setiap aktivitas dari sistem tersebut. Kecerdasan alami sangat sulit untuk di reproduksi.
- Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat dibanding dengan kecerdasan alami.
- Kreatif. Kemampuan untuk menambah pengetahuan sangat melekat pada jiwa manusia. Pada kecerdasan buatan untuk menambah pengetahuan harus dilakukan melalui sistem yang dibangun.
- Kecerdasan alami memungkinkan orang untuk menggunakan pengalaman secara langsung. Sedangkan pada kecerdasan buatan harus bekerja pada input-input simbolik.
- Pemikiran manusia dapat digunakan secara luas tidak tergantung kasus, sedangkan kecerdasan buatan sangat terbatas tergantung kasus.
APLIKASIAI APLIKASI AI
Aplikasi AI diwakili oleh beberapa bidang yang tipen ting :
Aplikasi AI diwakili oleh beberapa bidang yang tipen ting :
- Sistem Pakar (Expert System). Komputer digunakan sebagai sarana untuk menyimpan pengetahuan para pakar. Komputer akan punya keahlian untuk menyelesaikan permasalahan dengan meniru keahlian yang dimiliki pakar.
- Aplikasi kebahasaan pengembangan(NLP) Mengembangkan kemampuan komunikasi antara manusia dengan komputer menggunakan bahasa sehari‐hari
- Pengenalan Ucapan (Speech Recognition). Melalui pengenalan ucapan diharapkan manusia dapat berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan suara.
- Robotika & Sistem Sensor Computer Vision, mencoba untuk dapat menginterpretasikan gambar atau obyek‐obyek tampak melalui komputer.
- Machine Learning. Konsepnya adalah agar komputer dapat bertindak seperti dan sebaik manusia.
LINGKUP KECERDASAN BUATAN PADA APLIKASI KOMERSIAL
Dalam kehidupan manusia, komputer dapat membantu dalam bidang:
- Pertanian, komputer dapat mengkontrol robot yang melakukan kontrol terhadap hama, pemangkasan pohon, pemilihan hasil panen.
- Pabrik, kompute rdapat menkontrol robot yang harus mengerjakan pekerjaan berbahaya dan membosankan, inspeksi dan melakukan maintenance pekerjaan.
- Kesehatan, komputer dapat membantu untuk mendiagnosis penyakit, melakukan monitoring kondisi pasien, memberikan treatment yang cocok.
- Pekerjaan RumahTangga, komputer dapat memberikan nasihat dalam memasak dan berbelanja, membantu membersihkan lantai, memotong rumput, mencuci pakaian, dan melakukan maintenance terhadap pekerjaan pekerjaan
Sumber Referensi
- Modul Ajar Kecerdasan Buatan, Entin Martiana, Tessy Badriyah, Riyanto Sigit, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, 2005.
- Alan Turing’s Forgotten Ideas in Computer Science, Jack Copeland, Diane Proundfoot, Scientific American, April 1999.
- Talking with your computer, Victor Zue, Scientific American, August 1999.
- Artificial Intelligence (Teori dan Aplikasinya), Sri Kusumadewi, cetakan pertama, Penerbit Graha Ilmu, 2003.
kata kunci : Artificial Intelligence, kecerdasan buatan, skripsi teknik informatika, contoh skripsi, skripsi, contoh skripsi teknik informatika, ilmu skripsi.
Post a Comment
Post a Comment